OPPUK merupakan organisasi yang peduli dengan keadaan buruh perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Sehingga OPPUK memiliki program riset untuk menemukan fakta yang terjadi pada buruh perkebunan kelapa sawit melalui investigasi secara sistematis di lapangan yang diorganisir F-SERBUNDO (Federasi Serikat Buruh Perkebunan Indonesia). F-SERBUNDO berhasil mengorganisir buruh perkebunan kelapa sawit yang tersebar di 9 Provinsi yang ada di Indonesia, yaitu: Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. F-SERBUNDO merupakan organisasi buruh perkebunan kelapa sawit di Indonesia yang bertujuan untuk melindungi dan memperjuangkan hak-hak buruh perkebunan kelapa sawit di Indonesia.

Pembaca yang ingin membaca riset OPPUK dapat menghubungi OPPUK melalui email: oppuk.indonesia@gmail.com. Adapun riset-riset yang telah dilaksanakan OPPUK, yaitu:

  1. Tahun 2021, Laporan Monitoring Mendalam Kumacaya.
  2. Tahun 2021, Pemetaan Kondisi Buruh PT. SMART Tbk. (Sinar Mas Agro Resources Technology) Di Sumatera Utara Dan Riau.
  3. Tahun 2020, Laporan Program Monitoring Pascakampanye Amnesty International.
  4. Tahun 2020, Laporan Investigation of Paraquat Use in Oil Palm Plantation Erasakti Wira Forestama, Muaro Jambi Regency, Jambi Province.
  5. Tahun 2019, Laporan Penelitian di Perkebunan PT. Daya Labuhan Indah (DLI) dan PT. Ringo Ringo Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara.
  6. Tahun 2019, Buku Buruh Bongkar: Sebuah Kajian Tentang Perdagangan Manusia dalam Sistem Rekrutmen Perkebunan Kelapa Sawit di Sumatera Utara.
  7. Tahun 2019, Laporan Investigation of Paraquat Use in Oil Palm Plantation PT Metro Yakin Jaya, Tanjung Jabung Timur Regency, Jambi Province.
  8. Tahun 2016, Buku The Great Palm Oil Scandal: Labour Abuses behind Big Brand Names.
  9. Tahun 2016, Working Conditions of Women Maintenance Workers in Indonesian Oil Palm Plantations.
  10. Tahun 2016, Buku Of Rights and Poisons: Accountability of the Agrochemical Industry.
  11. Tahun 2016, Buku The Human Cost of Conflict Palm Oil subjudul Indofood: Pepsico’s Hidden Link to Worker Exploitation in Indonesia.
Bagikan :