SERBUNDO Membentuk Dua Kepengurusan Tingkat Basis di Perkebunan Wilmar Group.

0
34

Dewan Pengurus Pusat Serikat Buruh Perkebunan Indonesia (DPP SERBUNDO) membentuk dua kepengurusan tingkat basis di Perkebunan milik Wilmar Group. Pembentukan dilakukan di perkebunan PT. Milano Kebun Cabang Dua Kabupaten Labuhan Batu dan PT Milano Kebun Batang Sapponggol Labuhanbatu Selatan.

Di PT. Milano Kebun Cabang Dua pertemuan di lakukan pada tanggal 31 Juli 2017. Dalam pertemuan yang dilakukan di Kantor Management ini di hadiri oleh 37 orang buruh dari berbagai bagian. Dalam kesempatan ini DPP SERBUNDO yang di wakili Natal Sidabutar, SH (Sekretaris Jenderal) dan Suhib Nurido (Bendahara Umum) menjelaskan keberadaan SERBUNDO yang telah ada di tiga propinsi yaitu Sumatera Utara, Jambi dan Kalimantan Timur. SERBUNDO juga telah ada di perusahaan Wilmar Group di Sumatera Utara yaitu di Perkebunan Marbau, PT. Daya Labuhan Indah dan Kebun Sei Daun. Dimana di tiga perkebunan ini SERBUNDO telah berhasil memberikan peningkatan kesejahtraan kepada buruhnya. SERBUNDO juga telah berhasil membuat Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang memberikan jaminan akan hak-hak buruh.

Menurut buruh, masalah paling utama di PT. Milano Kebun Cabang Dua adalah masih minimya bonus dan kurangnya peningkatan premi yang di terima buruh. Oleh karenanya melalui SERBUNDO buruh berharap dapat memperjuangkan peningkatan bonus dan premi kedepan. Untuk itu DPP SERBUNDO  meminta kepada buruh agar meningkatkan jumlah anggota menjadi anggota SERBUNDO agar lebih memudahkan pembuatan PKB. Saat ini sudah ada 50 orang buruh dari berbagai bagian yang sudah mengisi formulir menjadi anggota SERBUNDO. Jumlah buruh yang bekerja di Milano Cabang Dua saat ini berjumlah sekitar 147 orang dengan luas perkebunan mencapai 600 Ha.

Kepengurusan tingkat basis yang terbentuk adalah sebagai berikut; Prayetno (ketua), Jumali (wakil ketua I), Nasrudin (wakil ketua II), Erwanto (sekretaris), Fauzi (wakil sekretaris I), Erikson Rismanto (bendahara),  Sukatno (wakil bendahara). Untuk melengkapi berkas pencatatan ke Dinas Tenaga Kerja di Labuhan Batu maka pengurus basis akan segera melengkapi berkas seperti surat pengunduran diri dari SPSI dan berkas lainnya.

Sementara itu pembentukan Pengurus Basis SERBUNDO di PT. Milano Kebun Batang Saponggol di lakukan pada tanggal 3 Agustus 2017. Pertemuan yang dilakukan di Balai karyawan Kebun Batang Saponggol ini di hadiri oleh 28 orang buruh dari berbagai bagian. Pertemuan juga di hadiri Pengurus Basis Milano Kebun Sei Daun dan unsur Dewan Pimpinan Cabang Kabupaten Labuhanbatu Selatan serta DPP SERBUNDO.

Masalah paling utama di Perkebunan Batang Saponggol hampir sama dengan perkebunan lainnya yaitu masih minimya bonus dan kurangnya peningkatan premi yang di terima buruh. Oleh karenanya melalui SERBUNDO buruh berharap dapat memperjuangkan peningkatan bonus dan premi kedepan. Untuk itu pelaksana meminta kepada buruh agar meningkatkan jumlah anggota menjadi anggota SERBUNDO agar lebih memudahkan pembuatan PKB. Buruh yang hadir akan segera mengisi formulir dan akan segera di proses pencatatnnya ke Dinas Tenaga Kerja Labuhanbatu Selatan.

Kepengurusan tingkat basis yang terbentuk adalah sebagai berikut; Sudung Situmorang (ketua), Dahlian (wakil ketua), Suriyatno (sekretaris), Jonlis Tambunan (wakil sekretaris), Ider (bendahara). Untuk melengkapi berkas pencatatan ke Dinas Tenaga Kerja di Labuhan Batu maka pengurus basis akan segera melengkapi berkas seperti surat pengunduran diri dari SPSI dan berkas lainnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY