Ketua Umum SERBUNDO Herwin Nasution, SH Lantik Lima Pengurus Basis SERBUNDO di Perkebunan Wilmar Group se-Labuhan Batu Raya

0
333

Lima Pengurus Basis SERBUNDO (Serikat Buruh Perkebunan Indonesia) yaitu Pengurus Basis SERBUNDO PT. Daya Labuhan Indah, PT. Milano Sei Daun, PT. Milano Marbau, PT. Milano Cabang Dua dan PT. Milano Batang Saponggol dilantik secara serentak di Perkebunan Sei Daun milik Wilamr Group pada tanggal 13 Agustus 2017. Pelantikan dilakukan dengan dukungan dari perusahaan Wilmar Group Region I Sumatera dan kerjasama dengan Dewan Pengurus Pusat SERBUNDO. Dalam pelantikan ini turut di hadiri unsur Dewan Pengurus Cabang SERBUNDO Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Dewan Pengurus Pusat SERBUNDO, unsur Pimpinan Wilmar Group Region I Sumatera, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Labuhanbatu Selatan serta para buruh dari lima perkebunan Wilmar se-Labuhanbatu Raya dengan peserta mencapai lebih kurang 200 orang.

pelantikan 3Acara pelantikan di mulai sekitar pukul 10.30 WIB,  dengan pembukaan oleh pembawa acara acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua panitia Natal Sidabutar, SH. Dalam sambutannya Natal Sidabutar menyampaikan bahwa kegiatan pelantikan ini dapat terlaksana dengan dukungan dari seluruh Pengurus Basis dan anggota dari lima perkebunan serta dukungan dari management Wilmar Group Region I. Ketua panitia juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan acara ini. Pimpinan management Wilmar Region I Sumatera yang diwakili oleh Senior HRR Hadia Mukti Lubis dalam sambutannya mengatakan buruh dan pengusaha saling membutuhkan oleh karenanya kerjasama yang telah terjalin selama ini antara perusahaan dengan SERBUNDO dapat lebih ditingkatkan lagi. Buruh melalui pengurus Serikat harus meningkatkan sumber daya manusianya agar lebih baik lagi mengurus anggota guna meningkatkan produktivitas perusahaan. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sutrisno SH dalam sambutannya mengatakan  bahwa antara buruh dengan pengusaha harus saling bersinergi bukan hanya buruh yang kuat pengusaha juga harus kuat, tidak ada gunanya kalau buruh kuat tetapi pengusaha tak mampu untuk melakukan apa-apa oleh karenanya buruh dan pengusaha harus sama-sama hidup. Keberadaan SERBUNDO pada pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Selatan telah di akui dengan dilibatkannya ketua DPC SERBUNDO dalam Dewan Pengupahan Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Hal ini merupakan salah satu keberhasilan dalam perjuangan SERBUNDO terlebih lagi telah berhasil membentuk basis SERBUNDO di lima perkebunan milik Wilmar Group se-Labuhanbatu Raya.

Pelantikan basisKetua Umum SERBUNDO, Herwin Nasution, SH dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pelantikan lima Pengurus Basis SERBUNDO pada perusahaan perkebunan Wilmar Group se-Labuhanbatu Raya merupakan mandat organisasi sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga organisasi sekaligus untuk meningkatkan kerjasama yang lebih baik lagi antara SERBUNDO dengan Wilmar Group. Salah satu program yang paling dekat adalah pembuatan Perjanjian Kerja Bersama yang akan di rundingkan akhir tahun ini. Oleh karenanya Pengurus Basis yang ada di lima perkebunan harus segera di kukuhkan Kepengurusannya dan meningkatkan jumlah anggota agar semuanya dapat terlibat dalam perundingan PKB.

Setelah kata sambutan, acara di lanjutkan dengan pelantikan yang langsung di pimpin oleh Ketua Umum SERBUNDO Herwin Nasution, SH dan di bantu oleh Suhib Nurido yang bertugas mengambil sumpah/janji. Dengan bersemangat, lima Pengurus Basis menyatakan kesediaannya untuk mengembangkan SERBUNDO dan mengucapkan sumpah/janji disaksikan seluruh peserta pelantikan.

pelantikan 4Acara kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari pengurus basis yang baru terpilih yang di awali dari Ketua Pengurus Basis PT. Daya Labuhan Indah, Ketua Pengurus Basis PT. Milano Marbau, Ketua Pengurus Basis Milano Sei Daun serta di akhiri sambutan dari Ketua Dewan Pengurus Cabang SERBUNDO Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Acara pelantikan di akhiri pembacaan doa dan hiburan.

Serikat buruh yang kuat, mandiri dan demokratis dapat diwujudkan melalui pendidikan, pengorganisasian maupun advokasi serta penanganan kasus yang terjadi. Kegiatan Pelantikan Pengurus Basis SERBUNDO  di perusahaan perkebunan kelapa sawit milik Wilmar Group yang ada di Labuhan Batu Raya ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri bagi anggota, khususnya pengurus basis dalam menjalankan fungsi organisasi dalam mencapai kesejahteraan buruh yang lebih baik.

Selamat atas pelantikannya,

Hidup Buruh………..!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY