Halal Bil Halal Perkuat Silahturahmi Buruh Perkebunan

0
83
Exif_JPEG_420

Masih dalam suasana lebaran Pengurus Basis Serikat Buruh Perkebunan Indonesia (SERBUNDO) Begerpang Estate PT. Lonsum Deli Serdang bersama DPP SERBUNDO laksanakan Halal bihalal dengan tujuan memperkuat silahturahmi para buruh perkebunan yang dilaksanakan di Desa Bergepang Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang yang dihadiri puluhan anggota dan pengurus basis.

Kegiatan Halal bihalal tersebut dihadiri Pengurus DPP SERBUNDO antara lain Sekjen dan Bendahara DPP, ikut juga Kepala desa Bergepang Kecamatan Bangun Purba. Dalam kesempatan itu Bendahara DPP Suhib Nuridho menyampaikan bahwa tujuan Halal bihalal ini dilakukan untuk memperkuat silahturahmi sesama anggota buruh dan sebagai ajang konsolidasi gerakan buruh terhadap basis pengurus basis dan anggota nya di Perkebunan Begerpang Estate Perkebunan Lonsum yang merupakan salah satu perkebunan sawit tertua di Indonesia.

Suhib Nuridho juga menyampaikan, bahwa selama SERBUNDO masuk dan mendampingi buruh di Perkebunan Begerpang Estate Perkebunan Lonsum sudah terjadi perubahan, walau sedikit, alasan itu disampaikan nya bahwa sebagai perkebunan yang sudah relatif tua melakukan aktivitas perkebunan sawit harusnya dapat memberikan contoh kepada perusahaan – perusahaan perkebunan yang lain. Hal itu disampaikan juga bahwa masih banyak masalah yang dihadapi oleh Buruh Perkebunan sawit khususnya anggota dan pengurusnya. Khususnya masih tingginya target kerja yang di bebankan kepada buruh pemanen dimana buruh masih di targetkan untuk mendapatkan TBS ( Tandan buah segar) per orang buruh harus bisa paling sedikit 1,2 ton sampai 2 ton per harinya, selain itu ucapnya, di Perkebunan Begerpang Estate masih ada nya tukang berondol atau sering di sebut dengan kernet dalam melakukan aktivitas pemanenan buah sawit, lagi-lagi alasannya karena target kerja yang dibebankan masih tinggi.

Di basis perkebunan Begerpang Estate juga masih banyak buruh BHL dan PKWT yang sangat sulit untuk menjadi buruh SKU atau permanen, dan buruh BHL ( buruh harian lepas ) itu kebanyakan adalah kaum perempuan yang mereka tidak  sepenuhnya mendapatkan jaminan sosial dari pihak perusahaan dan hanya dibayar sesuai kerjanya saja, ucapnya. Untuk itu dengan adanya momentum pasca lebaran dan kegiatan halal bihalal ini memberikan semangat dan memperkuat konsolidasi basis buruh di Begerpang Estate untuk terus berjuang atas perbaikan kualiatas hidup yang baik adil secara ekonomi, tegasnya. Mengutip pernyataan Ketum SERBUNDO di kantor Pusat DPP Serbundo, Herwin Nasution, SH mengatakan SERBUNDO bersama dengan aggotanya bersama tetap solid untuk memperjuangkan hak-hak buruh, selain itu ungkap Herwin Nasution, SH meminta pengurus basis untuk tetap membela anggotanya yang mendapatkan masalah ketenagakerjaan  dan DPP SERBUNDO membagi perannya dengan efektif.

Selain itu dia mendorong agar tetap melakukan pendidikan kepada anggota baik itu dilakukan ditingkat pengurus basis dan DPP SERBUNDO  serta akan terus melakukan kampanye dan advokasi terhadap buruh yang mengalami permasalahan di perusahaan perkebunan kelapa sawit baik itu kepada RSPO dan jaringan Internasionalnya. (Binsar Ritonga)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY