Aliansi Pekerja Buruh Daerah Sumatera Utara Menyampaikan 8 Tuntutan Pada Peringatan May Day 2016

0
367

OPPUK (Organisasi Penguatan dan Pengembangan Usaha-Usaha Kerakyatan) dan SERBUNDO (Serikat Buruh Perkebunan Indonesia) bersama lima Serikat Buruh lainnya di Sumatera Utara terlibat dalam aksi unjuk rasa dalam memperingati hari Buruh sedunia May Day tahun 2016. Kelima serikat buruh tersebut antara lain Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (F-SPMI), Serikat Buruh Medan Independen Sumatera Utara (SBMI Sumut), F-SP Kahut SPSI, Serikat Pekerja Industri dan Serikat Buruh Mandiri Indonesia.

dscn3602dscn3638

dscn3694dscn3710

dscn3671dscn3660

OPPUK bersama serikat Pekerja/Serikat Buruh tergabung dalam Aliansi Serikat Pekerja Buruh Daerah Sumatera Utara (APBD SU) menyampaikan 8 tuntutan kepada pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla menyangkut persoalan perburuhan. Aksi yang di lakukan sekitar 800 orang buruh dilakukan di kantor DPRD dan Gubernur Sumatera Utara.

Dalam dialog dengan Gubernur Sumatera Utara yang di wakili oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja beserta jajarannya di sepakati bahwa tuntutan APBD SU akan di sampaikan ke pusat sementara persoalan yang menyangkut kewenangan daerah akan di tindaklanjuti. Khusus tuntutan tentang Laksanakan kebebasan berserikat di perkebunan kelapa sawit dan tindak tegas pelaku pemberangusan serikat buruh di perkebunan kelapa sawit akan di tindaklanjuti segera oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi Sumatera Utara dimana kepala dinas menandatangani pernyataan sikap yang di ajukan APBD SU.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY